Manfaat Minyak Bunga Canola

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat minyak bunga canola yang ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Simak informasi berikut untuk lebih jelasnya lagi.

Minyak bunga canola adalah jenis minyak yang dihasilkan dari bunga canola. Minyak ini memiliki warna kuning terang dan tidak mempunyai rasa. Minyak canola merupakan jenis minyak nabati yang mengadung lemak trans yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang tinggi. Sehingga minyak ini diketahui sangat baik dalam menurunkan kadar kolestrol di dalam darah. Kandungan lain yang terdapat dalam minyak ini yaitu beta sitosterol, vitamin K, kalori, omega-3 dan omega-6, dan vitamin E. Dengan adanya kandungan tersebut, maka minyak canola memiliki manfaatkan untuk kesehatan bahkan minyak canola juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Manfaat Minyak Canola Untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Minyak canola merupakan minyak non-kolesterol. Sehingga minyak ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena dapat membantu mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Kolesterol diketahui dapat menyumbat aliran darah sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kolestrol juga diketahui sebagai kontributor utama penyebab aterosklerosis yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh, oleh karena itu kita harus selalu menjaga dan merawat jantung agar tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung yang bisa membahayakan bagi tubuh. Minyak canola adalah salah satu alternatif alami untuk menjaga kesehatan jantung, karena minyak ini mengandung asam alfa-linolenik dan lemak omega-3 yang tentunya sangat menyehatkan bagi jantung.

Membantu Melawan Kanker

Minyak bunga canola sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker di tubuh. Hal ini karena minyak bunga canola sangat kaya akan vitamin E. Dalam kesehatan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Meningkatkan Fungsi Otak

Pada umumnya fungsi otak akan mengalami penurunan ketika usia sudah bertambah tua. Biasanya hal ini dapat menimbulkan munculnya gangguan kesehatan pada otak seperti Alzheimer dan dementia. Untuk menghindarinya kita bisa memanfaatkan kandungan antioksidan pada minyak bunga canola. Maka dari itu, mulai dari sekarang anda bisa mencegahnya dengan mengganti minyak goreng dengan minyak bunga canola.

Menurunkan Resiko Diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa minyak canola merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk memelihara kadar glukosa di dalam darah. Maka minyak ini bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng agar dapat mengurangi resiko terserang diabetes, karena kadar glukosa akan terpelihara.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin E yang juga merupakan antioksidan, memiliki peran untuk melindungi dan menyatukan sel-sel membran di seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Selain manfaat wortel, manfaat alpukat, dan manfaat blueberry yang baik untuk kesehatan mata. Minyak canola juga  memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Karena minyak ini mengandung vitamin E serta memiliki kandungan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan mata sekaligus dapat menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula terkait makula.

Manfaat Minyak Bunga Canola untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin E pada minyak canola juga sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut,diantaranya;

Membantu mencegah dan menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Untuk menghilangkannya anda bisa memanfaatkan minyak bunga canola, karena minyak ini memiliki sifat anti peradangan sekaligus dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya, anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak canola pada wajah yang berjerawat.

Melembabkan kulit secara alami

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, anda bisa mencoba minyak canola untuk mengatasinya. Penggunaan minyak canola bisa membantu mengatasi kulit kering dan bisa memlembabkan kulit secara alami. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan dengan mengkombinasikannya dengan beberapa minyak essensial sebagai lotion untuk kulit tubuh dan kulit wajah.

Membantu mencegah timbulnya penuaan dini

Selain untuk menghilangkan jerawat, minyak canola juga dapat mencegah munculnya penuaan dini. Caranya anda hanya perlu menggunakan minyak canola sebagai minyak goreng harian.

Dapat mencegah timbulnya ketombe dan mengurangi rambut rontok

Memiliki rambut berketombe dan rambut rontok memang sangat menjengkelkan. Adanya ketombe sering kali menyebabkan gatal dan sangat mengganggu penampilan. Anda bisa memanfaatkan minyak bunga canola sebagai perawatan rambut yang alami untuk mencegah munculnya ketombe dan mengatasi rambut rontok. Caranya yaitu campurkan minyak canola dengan minyak pohon teh, kemudian oleskan sedikit demi sedikit ke rambut sambil lakukan pemijatan selama 3-5 menit. Diamkan selama 20 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Membantu mengurangi kerusakan rambut

Menjaga kesehatan rambut sangatlah penting untuk dapat menjaga rambut dari kerusakan yang akan timbul seperti rambut kering, rambut bercabang, hingga rambut yang mudah rapuh. Anda bisa memanfaatkan minyak canola sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Caranya anda hanya perlu memijatkan minyak canola ke kulit kepala sekitar 2-3 menit, kemudian tutup rambut dengan handuk selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu anda bisa membilas rambut dengan air bersih.

Demikianlah informasi seputar manfaat minyak bunga canola untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini  bisa menambah pengetahuan dan tentunya bermanfaat bagi anda.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *