Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun seledri bagi kesehatan – Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang populer dimasyarakat, karena daun seledri biasa digunakan sebagai pelengkap bahan masakan seperti soup, bakso, bakmi, dan beberpa masakan berkuah lainnya. Selain sebagai bahan pelengkap dan penyedap makanan seledri juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh.

Berbagai kandungan gizi dalam seledri untuk kesehatan tubuh diantatanya:

  • Kalium : kalium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Manfaatnya yaitu untuk mengatur keseimbangan asam basa serta menjaga aktivitas jantung agar tetap sehat.
  • Vitamin K : kandungan vitamin K dalam seledri sangat berguna untuk mendukung pembekuan darah sehingga bermanfaat dalam proses penyembuhan luka.
  • Folat : kandungan folat dalam seledri bermanfaat untuk memabantu tubuh dalam memproduksi dan memecah protein. Sehingga jika tubuh kekurangan asupan folat akan menyebabkan sariawan, anemia, dan diare.
  • Antioksidan : Sama seperti sayuran lainnya, seledri juga memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kalsium : Kalsium memiliki fungsi utama yaitu untuk menjaga struktur rangka tulang dan kesehatan gigi.
  • Serat : Kandungan serat pada seledri sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah timbulnya sembelit dan sangat membantu anda yang ingin menurunkan berat badan.

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

Kandungan kalium dan sodium dalam daun seledri berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh dan merangsang produk urine secara optimal. Ketika urine sudah terbentuk sempurna maka tubuh akan segera mengeluarkannya, hal itu akan membuat racun yang terdapat dalam ginjal semakin berkurang.

Manfaat seledri lainnya untuk ginjal adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan senyawa 3-n butylphthalide pada seledri berkhasiat untuk menurunkan hipertensi serta menurunkan kolesterol di dalam darah. Perlu anda ketahui bahwa hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan pada ginjal.

Manfaat daun seledri untuk lambung

Sifat anti peradangan dalam seledri juga sangat mampu membersihkan dinding lambung dari sisa makanan, sehingga lambung akan selalu ada dalam kondisi yang bersih dan akan terhindar dari bakteri atau peradangan yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada lambung.

Manfaat daun seledri untuk Mata

Bagi anda yang mengalami penyakit pada mata seperti mata minus, rabun dekat, rabun senja, dan berbagai jenis gangguan mata lainnya. Selain manfaat wortel dan manfaat alpukat, anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk mengobatinya, caranya sangat mudah anda hanya perlu membuat jus seledri, agar rasanya lebih lezat dan segar anda bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk lemon, apel, dan madu serta es batu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi jus seledri ini 2 kali dalam sehari.

Manfaat seledri untuk ibu hamil dan bayi

Kandungan vitamin A dan zat besi dalam seledri sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Seledri dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan zat besi pada ibu hamil, selain itu seledri juga akan membantu janin tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim ibu. Kandungan nutrisi yang mengandung elektrolit pada seledri juga bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang akan hilang selama masa kehamilannya.

Selain sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Seledri juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan bayi seperti bubur dan nasi tim. Selain berguna sebagai penambah cita rasa, tamabahan sedikit seledri pada makanan bayi pun juga dapat memenuhi asupan kalsium dan memenuhi kebutuhan vitamin yang sangat penting dalam proses tumbuh kembangnya.

Manfaat seledri bagi kecantikan kulit, wajah, dan rambut

Manfaat daun seledri bagi kecantikan – Seledri merupakan jenis sayuran yang sangat banyak memiliki kandungan vitamin, diantaranya: vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Itulah kandungan yang terdapat dalam saledri yang tentunya sangat baik bagi tubuh terutama untuk kesehatan kulit wajah.

Bagi perawatan kulit wajah, seledri sangat bermanfaat dalam mengatasi jerawat, komedo, kulit berminyak, kulit kering, dan berbagai jenis masalah kulit lainnya. Dengan menjadikan seledri sebagai masker wajah alami, anda bisa mendapatkan wajah yang putih, besih, cerah, mulus, dan sehat.

Adapun cara membuat masker dari seledri adalah:

  1. Pertama-tama anda siapkan 1 ikat kecil seledri dan 2 gelas air putih
  2. Setelah itu potong seledri atau iris kecil, lalu rebus seledri dengan 2 gelas hingga mendidih.
  3. Dinginkan air rebusan seledri. Setelah itu anda bisa mencuci wajah anda dengan air rebusan seledri yang sudah dingin.
  4. Diamkan beberapa menit hingga mengering. Kemudian bersihkan kembali wajah anda dengan menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan masker seledri dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya seminggu 1-2 kali.

Selain dapat merawat kecantikan kulit, seledri juga sangat bermanfaat bagi rambut. Kandungan anti-bakteri, mineral, protein, serta anti-oksidan yang terkandung dalam seledri sangat dibutuhkan oleh rambut. Manfaatnya bagi rambut adalah dapat menghitamkan rambut secara alami, menyuburkan rambut, meluruskan rambut, dan menghilangkan ketombe pada rambut.

Itulah beberapa manfaat yang akan dapatkan dari daun seledri untuk kesehatan tubuh, kecantikan wajah dan rambut. Semoga artikel kesehatan tentang daun seledri ini bisa bermanfaat bagi anda.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *