Manfaat dan Efek Samping Teh Hijau

Teh hijau mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, akan tetapi apabila konsumsi teh hijau secara berlebihan justru akan menimbulkan berbagai efek samping.

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat didunia. Teh yang satu ini berasal dari tanaman Camellia sinensis.

Teh hijau ini mempunyai kandungan antioksidan dan polifenol yang paling tinggi dibandingkan dengan teh yang lain. Antioksidan dan polifenol dikenal mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya yaitu menangkal efek buruk dari radikal bebas, memberi efek antikanker dan anti peradangan.

Jenis teh yang satu ini dipercaya banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang konsumsi teh hijau lebih baik kondisi kesehatannya dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mengonsumsinya.

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau ini sarat dengan nutrisi serta senyawa tanaman yang mempunyai efek positif. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila konsumsi teh hijau dalam porsi yang tepat, seperti :

Menangkal kanker. Sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang konsumsi teh hijau secara rutin cenderung tidak berisiko terkena kanker dibandingkan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsinya.
Bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes dan jantung
Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena antioksidan yang dikandungnya

Manfaat dari teh hijau bisa anda dapatkan dalam sebuah produk kesehatan yang terbuat dari ekstrak teh hijau menggunakan teknologi nano (Nano Technology) yaitu sehat mata softgel yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi berbagai macam keluhan mata.

Efek Samping Teh Hijau

Kafein serta katekin (antioksidan) dalam teh hijau dikenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, selain itu juga bisa mengakibatkan efek samping, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Berikut efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi teh hijau secara berlebihan :

  • Dapat meningkatkan perasaan cemas, gangguan tidur, sampai sakit pada perut dan kepala bagi beberapa orang
  • Dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahi dan keguguran bagi ibu hamil
  • Dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung
  • Dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi
  • Dapat mengganggu pengobatan tertentu dan menurunkan keefektifannya akibat antioksidan didalamnya yang terlalu kuat
  • Dapat berisiko mengalami defisiensi zat besi apabila dikonsumsi oleh anak kecil, ibu hamil, dan wanita yang sedang menstruasi

Itulah beberapa manfaat dan efek samping teh hijau yang bisa disampaikan, semoga apa yang sudah disampaikan diatas bermanfaat sehingga bisa dijadikan referensi oleh semua pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *