Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman anggur sudah mulai dibudidayakan secara luas sejak zaman Nabi Nuh. Anggur merupakan tanaman tertua yang di duga berasal dari sekitar laut hitam dan laut kaspi.  Di Indonesia sendiri, tanaman anggur hanya bisa dijumpai di beberapa wilayah seperti di Probolinggo(Jawa Timur), Bali, dan Lembah Palu (Sulawesi Tengah).

Buah Anggur memang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Tapi biasanya sebagian orang hanya memakan buahnya saja dan langsung membuang bijinya, sebagian orang berpendapat bahwa memakan biji anggur akan menyebabkan penyakit usus buntu. Namun pada kenyataannya biji yang terdapat pada buah anggur mempunyai sifat yang lembek sehingga proses mencernanya pun akan sangat mudah. Dan tahukah anda akan manfaat dari biji anggur? Biji anggur ternyata kaya akan manfaat, baik bagi kesehatan mata, kecantikan, ataupun kesehatan tubuh lainnya.

Manfaat biji anggur diperoleh dari kandungan yang dimilikinya seperti lemak, karbohidrat, protein, dan senyawa polifenol. Senyawa polifenol memiliki turunan berupa proanthocyanidins yang mempunyai sifat antioksidan tinggi dan kekuatannya mencapai 50 kali lebih besar dibandingkan dengan vitamin E dan vitamin C.

Manfaat Biji Anggur Bagi Kesehatan Mata

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji anggur mampu melindungi sel-sel di retina, yang pada umumnya sangat bertanggung jawab untuk dapat membedakan warna dan melakukan penglihatan pada cahaya yang kurang. Kandungan oligomeric proanthocyanin dalam biji anggur dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan degenerasi makula. Selain itu, ekstra biji anggur juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada sel lensa manusia yang telah terpapar oleh hidrogen peroksida. Ekstra biji anggur juga dapat mencegah kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan pembentukan katarak.

Manfaat Biji Anggur Bagi Kecantikan

Ekstra biji anggur biasanya sering dijadikan sebagai obat kesehatan atau perawatan kecantikan. Kandungan antioksidan dalam biji anggur yang berupa proanthocyanidins yang memiliki kekuatan 20 kali lipat dibandingkan dengan suplemen anti-oksidan yang mengandung vitamin C,E dan A. Sehingga kandungan proanthocyanidins sangat ampuh dalam melawan radikal bebas. Hal tersebut akan membuat kulit terhindar dari gejala penuaan dini serta membuat kulit tetap mulus dan kenyal.

Biji anggur sangat bermanfaat bagi kulit – Kandungan senyawa endungeoned pycnogenol dalam biji anggur dapat menguatkan fungsi kolagen dalam tubuh, serta memberikan nutrisi pada kulit dari bagian dalam, sehingga kulit akan tetap sehat dan terhindar dari keriput. Kandungan vitamin dalam biji anggur juga dapat memberikan kelembaban, meningkatkan sirkulasi darah, serta memberikan nutrisi pada kulit dari dalam.

Minyak biji anggur bermanfaat dalam mengatasi jerawat. – Pada dasarnya, biji anggur mengandung vitamin E dan asam essensial yang bisa menutrisi kulit dan membuatnya selalu sehat sehingga tampak segar. Selain itu,kandungan antihistamin dalam biji anggur juga dapat mencegah peradangan di jerawat. Sehingga Minyak dari biji anggur memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit dan dapat mencegah peradangan di jerawat

Manfaat Biji Anggur Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat biji anggur bagi pria – Biji anggur sangat bermanfaat dalam meningkatkan libido pria. Kandungan mineral dalam biji anggur terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan libido pria. Libido atau gairah seks dapat menurun jika asupan nutisi pada tubuh tidak seimbang. Oleh karena itu anda dapat memanfaatkan suplemen yang mengandung biji anggur untuk dapat meningkatkan libido.

Manfaat biji anggur bagi Jantung – Kandungan Resveratol pada biji dan kulit anggur sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko serangan jantung yang bisa menyerang kapan saja.

Manfaat biji anggur bagi ibu hamil – Pada saat memasuki trimester kedua. Ibu hamil biasanya sering mengalami anemia. Hal itu terjadi pada saat janin berkembang pesat, sehingga sel darah merah di dalam tubuh akan terbagi menjadi dua yaitu pertama untuk ibu hami dan yang kedua untuk janin yang sedang dikandungnya. Penyakit anemia bisa diobati dengan mengkonsumsi anggur merah dengan porsi yang cukup, karena banyaknya kandungan zat besi pada anggur merah yang akan membantu menghasilkan sel darah merah.  Kandungan asam folat pada anggur juga sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin dan membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *