Kandungan dan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat,  alpukat banyak digemari karena memiliki tekstur yang lembut juga rasanya yang lezat ketika dimakan. kebanyakan orang sering mengkonsumsinya dengan cara dijadikan jus atau dicampurkan dengan berbagai jenis makanan lainnya.

Selain rasanya yang lezat, alpukat juga dapat menyehatkan tubuh. Bahkan para ahli gizi menyebut alpukat sebagai Super Food, hal itu karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam alpukat. Alpukat merupakan sumber lemak yang sehat, bahkan lemak sehat alpukat sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar kolestrol darah di dalam tubuh sehingga jantung dapat terjaga kesehatannya.

Adapun kandungan nutrisi dalam alpukat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh antara lain; Vitamin B6,B5, dan B2 bermanfaat untuk mengurangi stress, dan meningkatkan sitem kekebalan tubuh. Vitamin C yang memiliki peranan penting dalam memproduksi kolagen. Kandungan unsur tembaga membantu dalam proses penyembuhan luka sekaligus mendukung sistem kardiovaskular. Kandungan magnesium akan memberikan manfaat sebagai relaksasi dan baik untuk meredakan ketegangan otot.

Manfaat Alpukat Untuk Mengurangi Kolestrol dalam Tubuh

Alpukat memiliki kandungan lemak yang banyak, sehingga sebagian orang yang memiliki kolestrol tinggi sering menghindari untuk mengkonsumsinya. Sebenarnya kandungan lemak pada alpukat bersifat baik dan kaya akan monosaturated fat serta kandungan beta-sitosterol yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki kolestrol tinggi.

Manfaat Alpukat Bagi Wajah

Kandungan vitamin A dan E dalam alpukat sangat baik untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari berbagai jenis masalah kulit. Anda bisa menjadikan alpukat sebagai masker untuk perawatan wajah yang alami dan bisa dilakukan dirumah. Dengan melakukan perawatan masker alpukat secara rutin maka kulit wajah anda akan terasa halus dan lembab, nampak awet muda, terlihat lebih segar, terhindar dari jerawat, dan akan melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar UV.

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid seperti lutein, dan zeaxanthin, mampu membantu melindungi mata dari penyakit katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya yang sering timbul akibat faktor usia.

Kandungan lutein terbukti mampu berkonsentrasi dan bertanggung jawab di daerah makula mata. Mengkonsumsi buah alpukat setiap hari secara rutin dengan takaran yang cukup dipercaya bisa membantu melindungi penglihatan agar tetap sehat dan membantu mencegah perkembangan penyakit katarak untuk masa mendatang.

Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Kanker,Stroke,dan Penyakit Jantung

Kandungan oleic acid dalam alpukat dipercaya dapat mencegah kanker payudara, menghambat pertumbuhan tumor pada kanker prostat, serta menghancurkan sel-sel prakanker dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung folate yang ditambah dengan vitamin E dan monounsaturated fat, yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah timbulnya stroke.

Manfaat Alpukat untuk membantu sistem pencernaan

Berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat menjaga kesehatan pencernaan, sehingga BAB akan lancar dan teratur.

Manfaat Alpukat Membuat Rambut Berkilau

Daging buah alpukat yang mengandung antioksidan tinggi serta kandungan senyawa sangat berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada batang rambut sekaligus membantu mengembalikan kekuatan pada rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih berkilau.

Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Kandungan yang terkandung dalam alpukat memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C dalam alpukat dapat membantu mempercepat penyerapan zat besi (fe) dalam tubuh, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia. Kandungan kalsium juga sangat berperan bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi. Dan kandungan asam folat dapat mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, biasanya bayi sudah diberi asupan buah-buahan . Dan salah satu buah paling baik untuk dijadikan pendamping ASI adalah alpukat. Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasanya lezat, alpukat kaya akan kandungan dan manfaat untu bayi. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah alpukat sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bayi .alpukat juga sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *